BIMBINGAN TEKNIS (BIMTEK) PRAMUKA PEDULI KWARTIR CABANG GERAKAN PRAMUKA KULON PROGO TAHUN 2021

KULON PROGO – Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kulon Progo bidang Pembinaan Anggota Muda melasanakan kegiatan “Bimbingan Teknis (BIMTEK) Pramuka Peduli.” Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari (Rabu, 13 Oktober 2021 dan Kamis, 14 Oktober 2021), bertempat di Pendopo Kapanewon Wates.

Kegiatan Bimtek tersebut diikuti oleh 35 orang yang tergabung dalam Pramuka Peduli Kwartir Cabang Kulon Progo. Kegiatan hari pertama diawali dengan penyampaian materi tentang komunikasi lapangan yang disampaikan oleh pihak Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Kabupaten Kulon Progo, selain mendapatkan materi/teori, peserta bimtek juga mempraktikkan secara langsung materi komunikasi lapangan yang telah disampaikan oleh pihak ORARI.

Dok. DKC Kulon Progo (Materi Komunikasi Lapangan)

Kegiatan hari kedua diawali dengan sambutan selamat datang dari pihak Kapanewon Wates dan dilanjutkan dengan kegiatan Sosialisasi Pendidikan Bela Negara Bagi Pramuka dari Kesbangpol Kulon Progo. Setelah sosialisasi, peserta bimtek kembali menerima materi kedua yaitu tentang pertolongan pertama berupa teori dan praktik yang disampaikan oleh pihak PMI Kulon Progo.

Dok. DKC Kulon Progo (Materi Pertolongan Pertama)

Materi terakhir atau penutup dari kegiatan bimtek tersebut adalah tentang Pramuka Peduli yang disampaikan oleh Ketua Pusat Pengabdian Masyarakat dan Pramuka Peduli, Kwarda DIY. Harapannya dengan adanya kegiatan Bimtek Pramuka Peduli ini dapat memberikan arah bagi anggota Gerakan Pramuka agar lebih peduli terhadap lingkungan masyarakat pada saat ini dan mampu menghadapi tantangan yang akan ditimbulkan oleh bangsa Indonesia di masa depan.

Dok. DKC Kulon Progo (Materi Pramuka Peduli)

__
Pewarta : Niken Dwinda Arnelita