Saka Wirakartika Kulon Progo Berdiskusi Tentang Hasil Dari Gladian Pimpinan Satuan Kwarcab KP

KULON PROGO-Saka Wira Kartika Kodim 0731/KP melakukan penyampaian materi DIANPINSAT pada pertemuan rutin Minggu, 3 Oktober 2021 di Aula Kodim 0731/ KP. Kegiatan tersebut diisi oleh Kak Deanita Handayani selaku perwakilan dari Saka Wira Kartika pada DIANPINSAT 2021. Materi yang disampaikan antara lain Organisasi Pembelajar, Sejarah Kepermukaan, Polmekbin T/D, Struktur Organisasi Kepramukaan dan Administrasi Satuan, Tugas dan Peran Dewan Kerja dan Saka, Musyawarah dan Sidang Paripurna, RagamUpacara, Pramuka Peduli, dan Jurnalistik.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 60 peserta yang terdiri dari Dewan Saka, Sangga Kerja, dan Calon Anggota serta tetap menerapkan Protokol Kesehatan dengan ketat agar para peserta dapat berkegiatan dengan kondusif dan aman dari Covid-19. Dengan disampaikannya materi tersebut diharapkan dapat mengembangkan wawasan dan pengetahuan serta membentuk sifat kepemimpinan pada anggota Pramuka Penegak dan Pandega Saka Wira Kartika Kodim 0731/KP.

Penyampaian Materi

Kegiatan dilanjutkan dengan fun games dan sharing pengalaman dengan Dewan Saka yang telah mengikuti kegiatan selama bergabung di Saka Wira Kartika Kodim 0731/ KP antara lain Kemah Kodam, Kemah Bela Negara, Kemah Saka Tri Matra TNI, Kemah Wirakarya, dan Kemah Pertiwika yang diharapkan dapat menumbuhkan solidaritas dan semangat antara seluruh anggota Saka Wira Kartika Kodim 0731/KP.

Kegiatan selanjutnya adalah demo yel-yel, LBB (Latihan Baris Berbaris) dan binsik (pembinaan fisik) sebagai salah satu ciri khas Saka Wira Kartika. Selain itu, ditampilkan juga display penggunaan seragam Pramuka Penegak yang benar kepada cata agar tertib dan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Sesi acara selanjutnya adalah pengumuman sekaligus pemberian hadiah untuk nominasi terbaik pada pertemuan sebelumnya yaitu First Meet nominasi tersebut antara lain, twibbon terbaik, caption terbaik, dan cata teraktif. Kegiatan diakhiri dengan pemberian motivasi oleh Ketua Dewan Saka kemudian sayonara.

Pewarta : Kak Deanita Handayani (DS SWK KP)